Pastikan NC212i Pesanan Filipina Bisa Mendarat Dengan Aman, PTDI Gandeng Perusahaan Jago Las Besi Asal Jerman

ZONAJAKARTA.com - PTDI adalah satu-satunya manufaktur di dunia yang memproduksi pesawat angkut kelas ringan NC212i.

Terhitung sudah adalah 123 unit NC212i berbagai varian yang telah diproduksi dan telah PTDI kirim ke berbagai pelanggan baik dalam maupun luar negeri. Sementara total populasi NC212i di dunia adalah sebanyak 606 unit. Salah satu pelanggan NC212i paling dekat saat ini adalah Filipina yang kembali memesannya.

Pada tahun 2014 lalu, Filipina membeli total 6 unit pesawat besutan PTDI ini dengan nilai mencapai 1,25 triliun Rupiah. Puas dengan performa pesawat tersebut, Filipina bermaksud repeat order NC212i.

“Hubungan kerja sama PTDI dan Filipina sudah terjalin sejak 1986 dan kemudian berlanjut pada kontrak pengadaan NC212i. Filipina merupakan salah satu pembeli PTDI yang puas akan kinerja maupun kemampuan dari pesawat NC212i. Karena puas, Filipina bermaksud untuk melakukan repeat order sebanyak 6 unit pesawat tersebut”, beber Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (Kemhan RI) lewat akun Instagramnya, 12 Januari 2024.

Pastikan Filipina tetap puas dengan kualitas NC212i, PTDI kini bermaksud gandeng perusahaan asal Eropa. Mereka adalah Haggeman Aerospace asal Jerman yang bertugas menyediakan landing gear untuk NC212i, khususnya pesanan Filipina.

“PTDI dan Haggeman Aerospace Germany telah tanda tangani Purchase Agreement untuk menyediakan landing gear NC212i. Landing gear ini nantinya akan dipasangkan kepada NC212i Filipina”, beber PTDI di Instagram.

Melihat dari website resminya, Haggeman Aerospace adalah perusahaan yang terbukti jago untuk mengelas besi atau logam. Haggeman Aerospace adalah perusahaan asal Jerman yang sudah berdiri sejak 1962.

Perusahaan ini sedari awal berorientasi membuat struktur logam ringan yang kompleks untuk industri dirgantara dan otomotif. Selama bertahun-tahun Haggeman Aerospace menghasilkan produk yang berkualitas, mulai dari suku cadang mesin jet maupun suku cadang lainnya. Karena hasil kinerjanya memuaskan, Haggeman Aerospace pun mendapat sebuah sertifikat NADCAP (Program Akreditasi Kontraktor Dirgantara dan Pertahanan Nasional) atas kinerjanya. Rilisnya sertifikasi ini menunjukkan bahwa produk Heggemann Aerospace berkualitas tinggi dengan aturan-aturan terjaga ketat.

Sementara itu landing gear adalah komponen yang fungsinya secara umum adalah memastikan pesawat mendarat maupun lepas landas dengan aman. Dalam ilmu fisika, komponen ini menyerap beban pesawat agar tidak sampai menyentuh tanah.

“Pesawat menghabiskan sebagian besar waktunya di udara, namun dia memerlukan sistem yang baik saat melakukan pendaratan. Sistem ini dapat menyerap beban pesawat itu sendiri, itulah fungsi landing gear. Secara definisi, landing gear adalah bagian dari pesawat yang dirancang untuk menyerap energi kinetik yang timbul saat bersentuhan dengan landasan, baik saat itu mendarat maupun lepas landas”, terang Grupo On Air.

 

 

Editor: Barri Zilhaq Vindia

Sumber: PTDI, Kemhan RI, Haggeman Aerospace, Grupo On Air



Source : https://www.zonajakarta.com/internasional/67312215974/pastikan-nc212i-pesanan-filipina-bisa-mendarat-dengan-aman-ptdi-gandeng-perusahaan-jago-las-besi-asal-jerman?page=2

Contact Us

Contact Info

PT Dirgantara Indonesia (Persero)
Jalan Pajajaran No. 154
Bandung 40174
West Java - Indonesia


Marketing PTDI :
marketing-ptdi@indonesian-aerospace.com

Sekretariat PTDI :
sekretariatptdi@indonesian-aerospace.com