Home > Media > Press Release
    PRESS RELEASE

CN-235 KOREA COAST GUARD (KCG) KE 3 (TIGA) TERBANG MENUJU KOREA

19 Januari 2012 | 10:10

Bandung, 23 Desember 2011

Hari ini Jum’at,tanggal 23 Desember 2011 PT Dirgantara Indonesia (PTDI) kembali menyerahkan pesawat CN-235 yang ke-3 kepada Korean Coast Guard (KCG) dari4 unit pesawat yang dipesan, dengan total nilai kontrak kurang lebih sebesar USD $ 94 juta. Pesawat pertama dan ke dua telah di delivery pada bulan Mei 2011 yang lalu sedangkan untuk pesawat ke-4 akan diserahkan pada kuartal pertama tahun 2012. Kontrak jual beli pesawat KCG ini ditandatangani pada bulan Desember 2008 lalu.

Spesifikasi CN-235 MPA (maritime patrol aircraft) KCG antara lain dilengkapi denganSearch radar, Flir, ESM, IFFinterrogator, tactical navigation, tactical computer system, camera, bubble window, dll.Dan pesawat ini ditenagai dengan sepasang engineCT7-9C, masing-masing berkekuatan 1750 daya kuda (Shp).

Direktur Aircraft Integration, Budiman Saleh mengatakan bahwa sebelum pesawat CN-235 KCG yang ke-3 ini di terbangkan ke Korea, pesawat telah menjalani serangkaian pengujian sesuai prosedur yang berlaku dan dilakukan uji penerimaan (acceptance test).

Dengan penyerahan pesawat kepada Pemerintah Korea Selatan, sekali lagi menunjukkan bahwa kepercayaan bangsa lain terhadap PTDI masih terus berjalan. Kepercayaan ini tentu harus dipelihara terus agar PTDI memperoleh kontrak-kontrak berikutnya bukan hanya saja dari Pemerintah Korea Selatan melainkan juga dari pelanggan-pelanggan (customers) lain yang memang membutuhkan pesawat sekelas CN-235.

Peristiwa penyerahan pesawat ini juga membuktikan kepada dunia bahwa putera-puteri Indonesia mampu memberikan sumbangsihnya kepada bangsa dan Negara melalui hasil karyanya untuk digunakan oleh bangsa-bangsa lain di berbagai pelosok dunia.
Back