Home > Media > Press Release
    PRESS RELEASE

PTDI BEKERJASAMA DENGAN PUSDIKHUB KODIKLAT TNI AD UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS SDM

22 April 2016 | 09:04

SIARAN PERS
Bandung, 22 April 2016 – Humas PTDI
Pada hari ini, Jum’at tanggal 22 April 2016, Direktur Umum dan SDM PT Dirgantara Indonesia (Persero) (PTDI), Sukatwikanto menghadiri penyampaian materi Leadership, Manajemen, Enterpreneurship dan Wawasan Kebangsaan oleh Wakil Komandan Kodiklat TNI AD, Mayor Jenderal TNI Dr. Bachtiar, S.I.P., M.A.P. di Pusdikhub Kodiklat TNI Angkatan Darat, Kota Cimahi.

PTDI bekerjasama dengan Pusdikhub Kodiklat TNI Angkatan Darat dalam rangka meningkatkan kualitas SDM PTDI melalui Pelatihan Pembentukan Karakter Pegawai PT Dirgantara Indonesia (Persero). Tujuan dari pelaksanaan pelatihan pembentukan karakter pegawai yakni agar PTDI memiliki SDM yang berdisiplin tinggi, cinta terhadap Perusahaan, berdedikasi dan memiliki integritas, selain itu juga sebagai pengembangan karakter yang baik dan selaras dengan visi misi perusahaan. “Kegiatan pelatihan ini diharapkan membangun SDM PTDI yang mampu mendukung perusahaan untuk berkompetensi global terutama industri dirgantara dunia”, ujar Sukatwikanto, Direktur Umum dan SDM PTDI.

Kegiatan ini merupakan kegiatan yang pertama kali diselenggarakan oleh PTDI bekerjasama dengan Pusdikhub Kodiklat TNI Angkatan Darat. Angkatan 1 yang mengikuti pelatihan pembentukan karakter pegawai berasal dari batch 51 dan beberapa batch sebelumnya yang merupakan rekrutmen paling awal di tahun 2016. Total sebanyak 100 orang mengikuti kegiatan tersebut yang dijadwalkan akan berlangsung dari tanggal 20-26 April 2016. Kegiatan pembentukan karakter pegawai PTDI ini akan diadakan 2 kali setiap tahunnya dan nantinya seluruh pegawai baru dan pegawai lama yang direkrut sampai dengan tahun 2012 wajib untuk mengikuti kegiatan ini.

Pelaksanaan pelatihan pembentukan karakter untuk pegawai tetap yang telah direkrut sampai dengan tahun 2012 nantinya akan dilaksanakan berdasarkan tahun pengangkatan sesuai Nomor Induk Karyawan (NIK) pada saat menjadi Karyawan Tetap. “Peserta tahun 2012 merupakan peserta paling senior dan dilihat dari NIK berdasarkan tahun pengangkatan karyawan tetapnya”, kata Sukatwikanto.

Adapun pegawai yang telah diangkat menjadi pegawai tetap sebelum tahun 2012 namun belum melaksanakan pelatihan pembentukan karakter, akan diberikan pelatihan yang lain berupa pelatihan budaya perusahaan dan leadership.

Mayor Jenderal TNI Dr. Bachtiar, S.I.P., M.A.P. dalam paparannya menyampaikan agar PTDI dapat menjadi perusahaan kelas dunia dalam industri dirgantara dan mampu bersaing dalam pasar global yang competitiveness sesuai dengan visi misi perusahaan, maka perlu membangun human capital melalui aspek afektif, kognitif dan psikomotor agar mempunyai value added.

Sehingga para pegawai PTDI dapat mengimplementasikan manajemen sebagai ilmu dan seni untuk mengelola organisasi, dan memahami kepemimpinan serta dapat mengimplementasikan character building dengan baik dan memiliki wawasan kebangsaan dan nasionalisme sebagai pedoman menjalankan core bisnisnya. “PTDI harus bisa membangun SDM melalui knowledge dan skill pegawai PTDI dituntut memiliki kebugaran jasmani dan rohani sehingga visi misi perusahaan bisa terealisasi dengan baik”, kata Mayjend TNI Dr. Bachtiar, Wakil Komandan Kodiklat TNI Angkatan Darat.

Mayjend TNI Dr. Bachtiar menyampaikan harapannya kepada PTDI yang merupakan BUMN mempunyai nilai yang sangat strategis harus bisa meningkatkan daya saing, untuk memperoleh daya saing yang hebat tentunya kedepan harus meningkatkan SDM dan human capital, meningkatkan sarana dan prasarana infrastruktur dan suprastruktur, permodalan, network sehingga mempunyai competitiveness.

Tentang PT Dirgantara Indonesia (Persero)

PTDI adalah perusahaan badan usaha milik negara yang didirikan pada tahun 1976, terletak di Bandung, Indonesia. Produk utama yang dihasilkan adalah pesawat terbang, komponen struktur pesawat terbang, jasa perawatan pesawat terbang dan jasa rekayasa. PTDI telah menyerahkan lebih dari 400 pesawat kepada 49 operator sipil dan militer, di dalam dan luar negeri. PTDI memproduksi berbagai jenis pesawat CN235 dengan type certificate untuk penumpang sipil, kargo, pembuat hujan, transportasi militer, patroli maritim, survei dan pengawas pantai.

Selain itu, PTDI juga menghasilkan berbagai pesawat terbang dengan skema produksi bersama dengan para mitra kerja strategis internasional a.l dengan Airbus Defence & Space untuk berbagai varian NC212, CN235 dan C295; dengan Airbus Helicopters untuk berbagai varian helicopter AS332C1/C1e/L1/L2, helicopter H215, H225/H225M (Dulunya EC225/EC725), helicopter AS550/555/565 dan helicopter AS350/365; dengan Bell Helicopter Textron untuk berbagai varian helicopter Bell 412. PTDI membuat dan memproduksi bagian-bagian, komponen-komponen, tools dan fixtures untuk pesawat Airbus A320/321/330/340/350/380. PTDI melayani jasa pemeliharaan, overhaul, perbaikan, alteration, customization dan dukungan pelanggan lainnya untuk setiap produk dirgantara yang dihasilkannya, juga produk non PTDI seperti A320, Fokker100 dan Fokker27. PTDI juga sudah dikenal dengan kemampuannya dalam bidang rekayasa kedirgantaraan Antara lain melayani jasa rekayasa dan analisa serta flight simulators.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi :

Irland Budiman    
Manager Hukum dan Humas
PT Dirgantara Indonesia (Persero)
Mobile Phone      : 0811 2038 230
Office Number    : +62 22 6054167
Email                    : irland@indonesian-aerospace.com

Back