Home > Media > Press Release
    PRESS RELEASE

PAMERKAN KEUNGGULAN DI ASIA DAN DUNIA, PTDI IKUTI SINGAPORE AIR SHOW 2016

16 Pebruari 2016 | 09:06

SIARAN PERS
Bandung, 16 Februari 2016 – Humas PT DI
Pada hari ini, selasa tanggal 16 Februari 2016 Singapore Airshow 2016 resmi dibuka dan berlangsung di Changi Exhibition Centre, Singapore. PT Dirgantara Indonesia (Persero) (PTDI) tampil kembali dalam ajang Internasional Singapore Air Show 2016. Keikutsertaan PTDI dalam acara rutin dua tahunan ini dalam upaya perluasan pemasaran dan peningkatan penjualan berbagai produk dan jasa yang dihasilkan selama ini. Acara yang akan berlangsung dari tanggal 16-21 Februari 2016 dihadiri oleh lebih dari 1.000 perusahaan dari 50 negara, termasuk di dalamnya 65 perusahaan dari 100 perusahaan dirgantara terbaik dunia. Booth PTDI berada di nomor C77. Pembukaan Singapore Airshow dibuka oleh Perdana Menteri Singapore, Lee Hsien Loong dan dihadiri pula oleh beberapa Menteri Pertahanan dari berbagai negara, CEO, Presiden Direktur, jajaran direksi perusahaan penerbangan kelas dunia.

Singapore Airshow merupakan pameran kedirgantaraan terbesar di Asia dihadiri oleh delegasi tingkat tinggi dan pemimpin industri dirgantara dunia berkumpul dan merupakan salah satu pameran kedirgantaraan dan pertahanan yang paling penting di dunia. Acara tersebut Didalamnya akan ada dua forum strategis yakni “A* STAR Aerospace Technology Leadership Forum” dan “Singapura Aerospace Technology dan Engineering Conference”. Forum tersebut melibatkan pemimpin dari perusahaan kedirgantaraan dunia dalam riset dan pengembangan pesawat masa depan.

PTDI mengikuti Singapore Airshow dengan membawa CN235-220MPA yang telah dioperasikan TNI Angkatan Laut yang merupakan pesawat patroli kelas medium yang sangat cocok dan unggul untuk mengemban misi patroli maritim dalam mengawasi dan menjaga lautan yang luas. Selain itu memiliki kemampuan untuk patroli maritim, juga memiliki daya jelajah hingga 11 jam, mampu mendeteksi sasaran kecil, memiliki kamera pengintai resolusi tinggi untuk pencitraan dan juga memiliki FLIR yang dilengkapi dengan infrared sehingga dapat mendeteksi sasaran di malam hari.

Pesawat CN235 produk PTDI yang saat ini sudah banyak dioperasikan sejumlah negara antara lain Brunei Darussalam 1 unit, Malaysia 8 unit, Thailand 2 unit, Pakistan 5 unit, Uni Emirate Arab 7 unit, Korea Selatan 12 unit dan Indonesia sendiri sebanyak 12 unit. Saat ini PTDI tengah menyelesaikan pesanan TNI AU, TNI AL, Senegal, Vietnam, Fhilipina dan Thailand.

PTDI dalam pameran ini juga mempromosikan pesawat N219 hasil karya anak bangsa. Pesawat N219 merupakan pesawat turboprop berkapasitas 19 penumpang yang memiliki keunggulan short take of landing dan mudah dioperasikan di daerah terpencil, mempunyai kemampuan self starting tanpa bantuan ground support unit, menggunakan teknologi aerodinamik yang lebih modern, memiliki kabin terluas di kelasnya dan memiliki teknologi Multihop Capability Fuel Tank, teknologi yang memungkinkan pesawat tidak perlu mengisi ulang bahan bakar untuk melanjutkan penerbangan ke rute berikutnya.

Pesawat rancangan lanjutan yang sedang di kembangkan adalah pesawat sipil N245 yang juga merupakan kerjasama dengan LAPAN turut diperkenalkan dalam ajang Singapore Airshow. Pesawat N245 merupakan pengembangan lebih lanjut dari pesawat CN235 versi sipil menampung 50 penumpang, paling cocok untuk penerbangan komersial jarak menengah yang menghubungkan antara bandara kecil. Dirancang untuk memenuhi CASR 25 untuk kategori pesawat transport yang  memiliki sayap yang tinggi dan konfigurasi T-tail, sistem Avionics canggih dan modern.

Selain memperkenalkan pesawat N219 dan N245, PTDI juga memperkenalkan kerjasama pembuatan pesawat tempur KFX/IFX generasi 4.5 dengan Korea Selatan. PTDI dan Korea Aerospace Industries (KAI) telah menandatangani kerjasama WAA (Work Assignment Agreement) menghasilkan kesepakatan untuk melaksanakan proses Engineering and Manufacturing Development (EMD) hingga menghasilkan 6 unit prototype atau purwarupa KFX/IFX yang siap produksi.

Direktur Utama PTDI, Budi Santoso turut hadir dalam acara Singapore Airshow dan memimpin tim dari PTDI selama kegiatan Singapore Airshow berlangsung. “Singapore Airshow merupakan ajang menampilkan keunggulan PTDI di Asia dan dunia untuk membuktikan kemampuan bangsa menguasai teknologi dirgantara”, kata Budi Santoso.

Tentang PT Dirgantara Indonesia (Persero)

PTDI adalah perusahaan badan usaha milik negara yang didirikan pada tahun 1976, terletak di Bandung, Indonesia. Produk utama yang dihasilkan adalah pesawat terbang, komponen struktur pesawat terbang, jasa perawatan pesawat terbang dan jasa rekayasa. PTDI telah menyerahkan lebih dari 400 pesawat kepada 49 operator sipil dan militer, di dalam dan luar negeri. PTDI memproduksi berbagai jenis pesawat CN235 dengan type certificate untuk penumpang sipil, kargo, pembuat hujan, transportasi militer, patroli maritim, survei dan pengawas pantai.

Selain itu, PTDI juga menghasilkan berbagai pesawat terbang dengan skema produksi bersama dengan para mitra kerja strategis internasional a.l dengan Airbus Defence & Space untuk berbagai varian NC212, CN235 dan C295; dengan Airbus Helicopters untuk berbagai varian helicopter AS332C1/C1e/L1/L2, helicopter H215, H225/H225M (Dulunya EC225/EC725), helicopter AS550/555/565 dan helicopter AS350/365; dengan Bell Helicopter Textron untuk berbagai varian helicopter Bell 412. PTDI membuat dan memproduksi bagian-bagian, komponen-komponen, tools dan fixtures untuk pesawat Airbus A320/321/330/340/350/380. PTDI melayani jasa pemeliharaan, overhaul, perbaikan, alteration, customization dan dukungan pelanggan lainnya untuk setiap produk dirgantara yang dihasilkannya, juga produk non PTDI seperti A320, Fokker100 dan Fokker27. PTDI juga sudah dikenal dengan kemampuannya dalam bidang rekayasa kedirgantaraan Antara lain melayani jasa rekayasa dan analisa serta flight simulators.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi :

Ade Yuyu Wahyuna
Kepala Divisi Pengembangan Usaha
PT Dirgantara Indonesia (Persero)
Mobile Phone      : +62811222786
Office Number    : +62 22 6054156
Email                    : adewa@indonesian-aerospace.com

Irland Budiman    
Manager Hukum dan Humas
PT Dirgantara Indonesia (Persero)
Mobile Phone      : +62811 2038 230
Office Number    : +62 22 6054167
Email                    : irland@indonesian-aerospace.com

Back