Top! Pesawat NC212i Keempat Bikinan PTDI Mendarat Mulus di Markas TNI AU

Jakarta - Kementerian Pertahanan kembali mengirimkan pesawat keempat NC212i buatan PTDI untuk penambahan Armada TNI Angkatan Udara. Pesawat keempat ini adalah bagian dari pengadaan kontrak sebanyak 9 unit pesawat NC212i.
Pesawat tersebut sudah berhasil lepas landas dari Hanggar Delivery Center PTDI, Bandung menuju Skadron Udara 4, Landasan Udara Abdulrachman Saleh, Malang.

Direktur Utama PTDI, Gita Amperiawan didampingi Direktur Produksi, Batara Silaban, Direktur Keuangan, Manajemen Risiko & SDM, Wildan Arief dan Group Head Commercial PTDI, Indar Atmoko hadir meninjau persiapan dan ferry flight pesawat NC212i yang kemudian akan dioperasikan oleh Skadron Udara 4.

Pesawat dengan tail number AX-2130 ini dikirim dengan konfigurasi Troop Transport yang diterbangkan oleh Mayor Pnb Deharday Nugraha sebagai Pilot In Command Ferry dan Lettu Pnb Faizal Fibriyan sebagai Copilot, setelah sebelumnya pesawat ini memperoleh Flight Acceptance Certificate pada tanggal 27 Desember 2022. Adapun ketiga pesawat NC212i pertama dari kontrak tersebut telah dikirimkan pada tanggal 26 Januari 2021, 26 Oktober 2021 dan 31 Desember 2021, dimana satu diantaranya dikirim dengan konfigurasi Rain Making.

"Alhamdulillah atas kerja sama semua pihak, hari ini dapat berbuah hasil kita bisa mengirimkan pesawat keempat NC212i untuk TNI AU dari total pesanan Kemhan sebanyak 9 unit, dengan 4 unit konfigurasi Troop Transport, 4 unit konfigurasi Rain Making dan 1 unit konfigurasi Navigation Training. Saya sebagai pimpinan PTDI mengucapkan apresiasi kepada seluruh pihak, termasuk tim IDAA bersama-sama PTDI yang telaten dalam menghadapi setiap dinamikanya. PTDI pun terus berkomitmen dalam menjaga readiness pesawat dan menjaga customer satisfaction. Atas nama PTDI, saya ucapkan terima kasih kepada Kemhan dan TNI AU atas kepercayaan yang diberikan, semoga ferry flight ini berjalan lancar dan selamat sampai tujuan, sehingga kemudian pesawat ini dapat berkontribusi maksimal dalam mendukung operasi TNI AU," kata Gita Amperiawan, dalam keterangan resminya, Rabu (28/12/2022).

Pesawat NC212i merupakan pesawat angkut ringan dengan sistem avionik modern full glass cockpit dan autopilot, yang dilengkapi dengan winglet, ramp door dan memiliki ukuran kabin yang luas dibandingkan pesawat sekelasnya. Sejak tahun 2014, PTDI merupakan satu-satunya industri manufaktur pesawat terbang di dunia yang memproduksi pesawat NC212i dan hingga saat ini terhitung sebanyak 120 unit pesawat NC212 series yang telah diproduksi dan dikirimkan PTDI ke berbagai customer, baik dalam maupun luar negeri, dari total sebanyak 604 unit populasi pesawat NC212 series di dunia.



Source : https://finance.detik.com/industri/d-6485459/top-pesawat-nc212i-keempat-bikinan-ptdi-mendarat-mulus-di-markas-tni-au

Contact Us

Contact Info

PT Dirgantara Indonesia (Persero)
Jalan Pajajaran No. 154
Bandung 40174
West Java - Indonesia


Marketing PTDI :
marketing-ptdi@indonesian-aerospace.com

Sekretariat PTDI :
sekretariatptdi@indonesian-aerospace.com