Bocoran Harga Pesawat CN235-220 Buatan PTDI yang Dipesan Militer Nepal

BANDUNG, KOMPAS.com - PT Dirgantara Indonesia ( PTDI) telah menyelesaikan sekaligus mengirimkan pesawat CN235-220 pesanan Nepalese Army (angkatan darat Nepal),  pada Rabu (30/10/2019).

Dengan   daya  angkut  sebanyak 48 penumpang, PTDI membuat pesawat ini dengan beberapa fungsi yang  dapat  digunakan  untuk  beberapa  misi. 

Yakni mulai dari  pengintaian, patroli  maritim  dan  angkutan  pasukan  bersenjata.

Selain itu beberapa  kelebihan  Pesawat  CN235-220  Military  Transport  Nepalese  Army ini juga bisa dengan cepat berganti  konfigurasi sesuai kebutuhan. 

Seperti untuk mengangkut pasukan, angkutan VIP,  evakuasi medis, angkutan penumpang sipil, hingga kargo.

Dengan berbagai fungsi tersebut, berapa harga satu unit Pesawat CN235-220 buatan PTDI?

"Nilai kontrak (pembeliannya) 30-an juta dollar AS," kata  Direktur  Utama  PTDI,  Elfien  Goentoro di sela kegiatan ferry  flight di Hanggar  Fixed  Wing  PTDI,  Jalan Pajajaran, Kota Bandung, Rabu (30/10/2019).

Gunakan skema NIA

Program  ekspor  pesawat  CN235-220  Military  Transport  untuk  Nepalese  Army ini, lanjut Elfien, sebagian  modal  kerjanya  didanai  oleh  Lembaga  Pembiayaan  Ekspor Indonesia  (LPEI)  atau  Indonesia  Eximbank  dengan  skema  National  Interest  Account (NIA).

"Khusus pesawat Nepalese Army ini, modal kerjanya didukung oleh LPEI dengan nilai Rp 207 miliar," jelas Elfien.

Penggunaan  skema  NIA  dari  LPEI  atau  Indonesia  Eximbank  ini  merupakan  penugasan khusus  dari  Kementerian  Keuangan  Republik  Indonesia, untuk  penyediaan pembiayaan  ekspor  pesawat  udara. 

Di mana  LPEI  atau  Indonesia  Eximbank  juga  turut mendukung  PTDI  dalam  melakukan  penetrasi  pasar  di  kawasan  Afrika  dan  Asia Selatan. 

Kirim ke Senegal Elfien menjelaskan, jumlah pesawat jenis CN 235 di dunia sudah mencapai 285 unit. Sebanyak 68 diantaranya adalah buatan PTDI.

"Pesawat CN 235 buatan PTDI sudah dipakai oleh Korea Selatan,  Malaysia, Uni Emirat Arab dan Turki. Bahkan CN 235 di Malaysia dan Korea digunakan untuk Wakil Presiden," ungkap Elfien.

Untuk tahun depan, lanjut Elfien, PTDI direncanakan bakal menyelesaikan dan mengirim lagi dua pesawat CN 235 ke Senegal.

"Ada juga untuk TNI angkatan laut tahun depan," pungkasnya.



Source : https://regional.kompas.com/read/2019/10/30/21055981/bocoran-harga-pesawat-cn235-220-buatan-ptdi-yang-dipesan-militer-nepal

Contact Us

Contact Info

PT Dirgantara Indonesia (Persero)
Jalan Pajajaran No. 154
Bandung 40174
West Java - Indonesia


Humas : pub-rel@indonesian-aerospace.com

Marketing : marketing@indonesian-aerospace.com