Ada Defend ID, Jokowi Harap Impor Alat Pertahanan Turun

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Defend ID mampu meningkatkan penggunaan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN). Dengan demikian nantinya, holding industri pertahanan ini mampu menurunkan ketergantungan impor.

"Akan terus mendorong peningkatan TKDN. Harus terus diperbesar terus. Dan menurunkan impor alat pertahanan dan keamanan kita. Goalnya ke sana," kata Jokowi dalam tayangan youtube, Rabu (20/4).

Presiden Jokowi meminta TKDN produk-produk pertahanan unggulan terus ditingkatkan dari angka yang telah dicapai saat ini yaitu 41 persen. Angka ini diminta agar bisa terus naik dan nanti pada akhirnya 100 persen.

"Kita harus begerak cepat, lincah dan juga jeli melihat peluang. Pro aktif menjawab peluang agar bisa menjadi bagian dari rantai pasok global. Ini penting sekali. Dengan tetap mengutamakan pemenuhan kebutuhan di dalam negeri," jelasnya.

Peluncuran holding Defend ID, katanya, menjadi program strategis BUMN industri pertahanan dan harus dijadikan lompatan untuk bertransformasi. Lalu membangun ekosistem industri pertahanan yang kuat dan modern.

"Kita harus membentuk BUMN industri pertahanan yang kuat dan mandiri yang mampu bersaing dan menguasai pasar di dalam negeri utama nya dan diperhitungkan di pasar internasional atau pasar global," jelas Presiden Jokowi.

Dia menambahkan, BUMN industri pertahanan ini akan menjadi ujung tombak kemandirian industri pertahanan indonesia. Untuk itu, harus menguasai teknologi manufaktur dan komponen terkini berbasis dual use technology dengan membangun global partnership seluas-luasnya dengan siapa pun yang mau transfer teknologi.

"Jadi semuanya ajak tapi tetap mayoritas kita. Sehingga juga agar pasar kita lebih membesar. Terus berinovasi mencari cara dan mencari terobosan. Baik itu terobosan di bidang sdm, bahan baku, produk, prosis bisnis dan operasionalnya. Semuanya. Semuanya harus excellent, yang terbaik," tandasnya.



Source : https://www.liputan6.com/bisnis/read/4943822/ada-defend-id-jokowi-harap-impor-alat-pertahanan-turun

Contact Us

Contact Info

PT Dirgantara Indonesia (Persero)
Jalan Pajajaran No. 154
Bandung 40174
West Java - Indonesia


Marketing PTDI :
marketing-ptdi@indonesian-aerospace.com

Sekretariat PTDI :
sekretariatptdi@indonesian-aerospace.com