Pesawat NC212 Kembali Temani Pasukan Elite TNI Jalankan Latihan-latihan Ekstrem

ZONAJAKARTA.com - NC212 layak dianggap sebagai salah satu pesawat andalan TNI karena berbagai alasan. Salah satunya karena NC212 kerak kali menemani pasukan elite TNI menjalankan misi-misi penting.

Misi-misi berupa latihan ekstrem yang mengikutsertakan pesawat tersebut. Seperti berita Dinas Penerangan Angkatan Laut (Dispenal) awal Maret lalu, di mana NC212 menemani pasukan menjalani latihan penting yang berkaitan dengan pertolongan medis.

“TNI AL melaksanakan kegiatan terjun dan evakuasi medis udara (EMU) dalam rangka latihan.

Pada latihan tersebut pesawat NC212 milik Skuadron 600 Wing Udara 1 Puspenerbal membawa para penerjun berangkat dan bersiap melakukan lompatan dari ketinggian 10.000 Ft”, bebernya pada 4 Maret 2024. Lalu belum lama ini, NC212 kembali menjadi andalan pasukan elite TNI menjalani latihan ekstrem. Dispenal pada 24 Maret 2024 melaporkan bahwa pasukan elite TNI AL tengah jalani latihan terjun payung di daerah Cirebon. Dan sekali lagi, pesawat NC212 menjadi bagian pendukung latihan tersebut.

“TNI AL mengerahkan unsur pesawat NC212 di bawah Komando Skuadron 600 Wing Udara 1 Pusat Penerbangan TNl Angkatan Laut (Puspenerbal). Mereka melaksanakan dukungan latihan terjun bagi pasukan elite TNl AL, di daerah Cirebon, Jawa Barat pada 23 Maret”, jelas Dispenal.

Tujuan dari latihan tersebut tak lain tak bukan adalah mempertajam kemampuan pasukan dalam penerjunan. Di sisi lain, latihan ini juga dimanfaatkan kru NC212 untuk menambah pengalaman atau jam terbang. Selebihnya, NC212 adalah pesawat jenis angkut yang dirakit langsung oleh Indonesia yaitu di fasilitas PTDI.

PTDI telah memproduksi ratusan pesawat tersebut, bahkan beberapa telah diekspor ke sejumlah negara. Mengutip PTDI, NC212 adalah pesawat angkut kelas ringan dengan segala kecanggihan di dalamnya. Kendati kelas ringan, payload atau daya angkut pesawat ini termasuk yang mengesankan yaitu di angka 3 ton.

Oleh karena itu, NC212 juga cocok digunakan sebagai platform tempur atau paling tidak angkut personel tentara. Misi macam pendukung operasi khusus elite dalam menunjang misi infiltrasi di darat. Namun secara umum, NC212 biasa dipakai untuk kebutuhan angkut barang atau personel, evakuasi medis, foto udara, modifikasi cuaca, hingga pelatihan navigasi udara.



Source : https://www.zonajakarta.com/nasional/67312263375/pesawat-nc212-kembali-temani-pasukan-elite-tni-jalankan-latihan-latihan-ekstrem

Contact Us

Contact Info

PT Dirgantara Indonesia (Persero)
Jalan Pajajaran No. 154
Bandung 40174
West Java - Indonesia


Marketing PTDI :
marketing-ptdi@indonesian-aerospace.com

Sekretariat PTDI :
sekretariatptdi@indonesian-aerospace.com