PT DI Akan Jalin Kerjasama dengan Institusi Lain dalam Pengembangan SDM

BANDUNG, (PRFM) - PT Dirgantara Indonesia (DI) masih mengalami kendala terkait SDM yang dibutuhkan untuk pembangunan pesawat. Karenanya, PT DI akan menjalin kerja sama dengan institusi atau perguruan tinggi yang memiliki kompetensi di bidang pengembangan pesawat.

Manajer PT DI, Heriansyah menyebut, SDM yang dibutuhkan untuk dikirim ke Korea mencapai 180 orang. Namun, lanjut Heriansyah, PT DI harus menyiapkan SDM hingga empat kali lipatnya.

"Maksimum bisa 184 di Korea di tahun 2020. Artinya dengan program PT DI yang ada itu kita harus menyiapkan orang yang lebih banyak dari itu mungkin bisa 3 sampai 4 kali untuk hal kompetensi yang sama. Kerjasama juga dengan yang lain dengan perguruan tinggi dengan mungkin institusi lain," ujar Heriansyah pada wartawan PRFM.

Selain itu, Heriansyah mengungkapkan sebelum SDM yang ada diberangkatkan ke Korea, calon pekerja tersebut akan diberikan pelatihan terlebih dahulu. Pasalnya, pesawat tempur bagi PT DI bahkan bagi Indonesia merupakan hal yang baru.

"Jadi pesawat tempur sesuatu yang bagi Indonesia baru termasuk PT DI.  Karenanya ini memang banyak hal yang harus kita tingkatkan sebelum mereka dikirim ke Korea itu ada kendala disitu juga. Meningkatkan kemampuan agar ketika temen temen dikirim ke Korea itu mereka siap kerja," katanya.

Sebelumnya diberitakan, Indonesia dan Korea Selatan saat ini tengah melakukan kerjasama dalam program KFX/IFX untuk pengembangan pesawat tempur generasi 4.5. Pada awal 2011, Indonesia mengirimkan 35 engineernya ke Daejeon, Korea Selatan untuk ikut serta pada fase Pengembangan Teknologi (Technology Development phase). Fase Pengembangan Teknologi berlangsung selama dua tahun dan menghasilkan konfigurasi awal pesawat tempur KFX/IFX.

PT DI Akan Jalin Kerjasama dengan Institusi Lain dalam Pengembangan SDM.


Budi Satria-PRFM



Source : http://prfmnews.com/berita.php?detail=pt-di-akan-j

Contact Us

Contact Info

PT Dirgantara Indonesia (Persero)
Jalan Pajajaran No. 154
Bandung 40174
West Java - Indonesia


Humas : pub-rel@indonesian-aerospace.com

Marketing : marketing@indonesian-aerospace.com