Ini Penjelasan PTDI soal Perkembangan Pesawat Tempur Indonesia-Korsel

RILIS.ID, Jakarta— Proyek pengembangan pesawat tempur generasi 4.5, Korean Fighter Xperiment/Indonesia Fighter Xperiment (KFX/IFX) yang digagas oleh Korea Selatan dengan menggandeng Indonesia sejak 2011, terus ditunggu keberlanjutannya.

Direktur Teknologi dan Pengembangan PT Dirgantara Indonesia, Gita Amperiawan, memastikan kelanjutan proyek tersebut.

Gita mengatakan, pengembangan proyek itu sudah sampai tahap tinjauan desain awal atau preliminary design review guna memastikan konfigurasi pesawat tempur KFX/IFX sesuai persyaratan operasional dari TNI AU dan Republic of Korea Air Force (ROKAF).

"Proses pengembangan saat ini sudah mencapai sekira 20 persen," kata Gita saat konferensi pers di kawasan Kemayoran, Jakarta, Kamis (6/12/2018).

Dia menyebut, ada tiga tahapan yang perlu dilalui, yaitu pengembangan teknologi, EMD, kemudian protoyping. Menurutnya, pihaknya bersama Korsel akan mengembangkan prototipe pesawat tempur itu setelah tahap preliminary design rampung.

"Ini ditargetkan bisa diproduksi massal pada 2026 usai uji coba dan sertifikasi," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Program KFX/IFX, PTDI, Heri Yansyah, mengungkapkan, pihaknya ingin membangun sinergi dengan melibatkan seluruh komponen negeri dalam pembangungan proyek tersebut.

Sinergi itu, menurut dia baik dari perusahaan, badan riset ataupun riset dikti guna membangun kemampuan teknologi pesawat tempur nasional.

"Karena kalau kita menguasai teknologi pesawat tempur ini bisa dipakai untuk kemana-mana baik untuk di laut, maupun ke darat itu bisa diimplementasikan. Sehingga kita bisa melakukan eksplore teknologi," ungkapnya.

KFX/IFX adalah pesawat tempur multirole kelas menengah generasi 4.5 yang didesain canggih secara aerodinamis dan memiliki kemampuan manuver yang tinggi. Utamanya, pesawat ini dirancang untuk menggantikan armada Republic of Korea Air Force atau Angkatan Udara Republik Korea (ROKAF) dan TNI AU.

Beberapa keunggulan yang dimiliki pesawat tempur KFX/IFX, di antaranya adalah semi-stealth, semi conformal missile launcher, advanced avionics, dan air refueling.

Zulhamdi



Source : http://mobile.rilis.id/ini-penjelasan-ptdi-soal-pe

Contact Us

Contact Info

PT Dirgantara Indonesia (Persero)
Jalan Pajajaran No. 154
Bandung 40174
West Java - Indonesia


Humas : pub-rel@indonesian-aerospace.com

Marketing : marketing@indonesian-aerospace.com