Honeywell Bersama PTDI Menyediakan Sistem Keselamatan Pesawat C130 TNI AU

SIARAN PERS

No. PTD/035/SP-HUMAS/XI/2022

Jakarta, 03 November 2022 – Humas PTDI

Honeywell (NASDAQ: HON) dan PT Dirgantara Indonesia (PTDI), produsen pesawat terbang Indonesia, menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) di Indo Defence Expo & Forum 2022, untuk memasok produk Military Airborne Collision Avoidance System (MILACAS) Honeywell untuk Program Peningkatan Avionik Pesawat C130 TNI AU (Indonesian Air Force/IDAF).

MILACAS adalah sistem peringatan penghindaran tabrakan yang dirancang untuk jangkauan dan kualitas siaran pengawasan yang lebih baik pada pesawat militer. Ini memberikan jangkauan pengawasan hingga dua kali lebih baik dari Enhanced Traffic Alert Collision Avoidance System (ETCAS), secara signifikan mengurangi risiko tabrakan saat memenuhi mandat untuk akses wilayah udara sipil.

MILACAS terbaru Honeywell menggunakan metode interogasi yang ditingkatkan dan Pengawasan Hibrida (Automatic Dependant Surveillance Broadcast - ADS-B).  Jangkauan pengawasan MILACAS adalah 100nm untuk azimut 360°. Sistem ini disetujui oleh organisasi manajemen frekuensi sipil dan militer, termasuk U.S. National Telecommunications and Information Administration untuk dipasang di semua pesawat militer. Selain peningkatan jangkauan, MILACAS menyediakan fungsi yang sama yang menjadikan ETCAS sebagai produk TCAS militer dengan penjualan terbesar di dunia.  MILACAS dirancang untuk menjadi pengganti langsung dari TPA-81A.  Berdasarkan TPA-100, lini TCAS generasi baru Honeywell, MILACAS menggunakan platform perangkat keras yang identik dan mempertahankan semua persyaratan kinerja ACAS II sipil serta fitur unik militer tambahan.

“Honeywell bangga dapat memberikan solusi yang mengurangi biaya perawatan dan memungkinkan formasi penerbangan militer yang lebih aman, dengan MILACAS memungkinkan pemasangan plug-and-play tanpa perlu modifikasi besar pada pesawat”, kata Sathesh Ramiah, Wakil Direktur Honeywell Aerospace, Defense & Space Asia Pasifik.

 “Kami sangat senang dapat kembali bermitra dengan PTDI, dan percaya bahwa kemitraan ini akan sangat bermanfaat bagi program peningkatan IDAF. Pengalaman luas Honeywell dengan avionik, ditambah dengan kehadiran regional PTDI, akan semakin memperkuat kesiapan dan kemampuan misi IDAF”, imbuh Sathesh Ramiah, Wakil Direktur Honeywell Aerospace, Defense & Space Asia Pasifik.

Gita Amperiawan, Direktur Utama PTDI, mengatakan bahwa setelah enam dekade berproduksi, C130 masih menjadi andalan lebih dari 60 angkatan udara di seluruh dunia. Honeywell dan mitranya seperti PTDI telah menjaga agar pesawat lama tetap relevan dengan menambahkan kemampuan untuk meningkatkan keselamatan, efisiensi, dan efektivitas misi. Kehadiran PTDI dan hubungan dekat yang telah berlangsung lama dengan Honeywell akan memastikan layanan dan dukungan kelas dunia untuk TNI AU.

Pada acara tersebut, Honeywell memberikan apresiasi kepada PTDI dalam memperingati kemitraan strategis dalam program NC212i TPE331.

 

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi :

Adi Prastowo      

Manager Komunikasi Perusahaan & Promosi

PT Dirgantara Indonesia

Phone  : +62 22 6055165

Email : aprastowo@indonesian-aerospace.com



Source : Humas PTDI

Contact Us

Contact Info

PT Dirgantara Indonesia (Persero)
Jalan Pajajaran No. 154
Bandung 40174
West Java - Indonesia


Marketing PTDI :
marketing-ptdi@indonesian-aerospace.com

Sekretariat PTDI :
sekretariatptdi@indonesian-aerospace.com